MINUM teh setiap hari dianggap sebagai kebiasaan yang bagus untuk kesehatan, terutama bagi lansia. Minum secangkir teh hangat setiap hari seakan mampu membuat badan lebih segar.
Namun, coba ganti teh yang biasa Anda konsumsi dengan teh hijau. Sebab, manfaat teh hijau sangat banyak. Selain bagus untuk tubuh, mengonsumsi teh hijau setiap hari bisa meningkatkan mood.
Penelitian itu dihasilkan oleh tim yang dipimpin Dr Kaijun Niu dari Tohoku University, Jepang. Dalam penelitian tersebut, mereka melibatkan responden 1.058 orang lansia yang tubuhnya relatif sehat.
Namun, coba ganti teh yang biasa Anda konsumsi dengan teh hijau. Sebab, manfaat teh hijau sangat banyak. Selain bagus untuk tubuh, mengonsumsi teh hijau setiap hari bisa meningkatkan mood.
Penelitian itu dihasilkan oleh tim yang dipimpin Dr Kaijun Niu dari Tohoku University, Jepang. Dalam penelitian tersebut, mereka melibatkan responden 1.058 orang lansia yang tubuhnya relatif sehat.
Sebanyak 488 responden setiap hari minum teh hijau empat cangkir atau lebih. Sejumlah 284 responden minum dua atau tiga cangkir setiap hari. Sedangkan 286 responden hanya minum teh hijau maksimal secangkir setiap hari.
Hasilnya, 34 persen dari seluruh responden pria dan 39 persen dari seluruh responden wanita depresi. Dari hasil penelitian itu, bisa disimpulkan bahwa orang berusia lebih dari 70 tahun yang minum teh hijau empat kali sehari akan terhindar dari risiko depresi. Peluangnya, 44 persen lebih tinggi daripada mereka yang hanya minum secangkir teh hijau dalam sehari.
Unsur asam amino theanine dalam teh hijau diyakini berperan penting dalam khasiat tersebut. Theanine menghasilkan efek menenangkan pada otak. Hal itulah yang diyakini menjauhkan lansia dari mood buruk.
Penelitian itu juga menemukan bahwa efek protektif terhadap mood lansia hanya dimiliki oleh teh hijau, bukan minuman lain. Misalnya, teh oolong, teh hitam, dan kopi. Efek baik teh hijau itu juga tidak akan berkurang. Kendati, si pengonsumsi dihadapkan pada kondisi sosial dan ekonomi yang buruk, perbedaan gender, faktor diet, sejarah penyakit tertentu, penggunaan obat antidepresan, kebiasaan merokok, dan aktivitas fisik tertentu. (rum/rtr/nda)
sumber: jawapost.co.id
Hasilnya, 34 persen dari seluruh responden pria dan 39 persen dari seluruh responden wanita depresi. Dari hasil penelitian itu, bisa disimpulkan bahwa orang berusia lebih dari 70 tahun yang minum teh hijau empat kali sehari akan terhindar dari risiko depresi. Peluangnya, 44 persen lebih tinggi daripada mereka yang hanya minum secangkir teh hijau dalam sehari.
Unsur asam amino theanine dalam teh hijau diyakini berperan penting dalam khasiat tersebut. Theanine menghasilkan efek menenangkan pada otak. Hal itulah yang diyakini menjauhkan lansia dari mood buruk.
Penelitian itu juga menemukan bahwa efek protektif terhadap mood lansia hanya dimiliki oleh teh hijau, bukan minuman lain. Misalnya, teh oolong, teh hitam, dan kopi. Efek baik teh hijau itu juga tidak akan berkurang. Kendati, si pengonsumsi dihadapkan pada kondisi sosial dan ekonomi yang buruk, perbedaan gender, faktor diet, sejarah penyakit tertentu, penggunaan obat antidepresan, kebiasaan merokok, dan aktivitas fisik tertentu. (rum/rtr/nda)
sumber: jawapost.co.id

RSS Feed (xml)







0 comments:
Post a Comment